Setiap proses belanja online di web manapun, produk apapun, kemungkinan terjadinya masalah selalu ada. maka dari itu, gardener.id memiliki team yang bertugas untuk melayani keluhan atau pertanyaan dari setiap konsumen. tetapi, kami merangkum beberapa pertanyaan atau permasalahan yang sering terjadi. sehingga, sebelum anda menghubungi team pelayanan kami, anda sudah tau terlebih dahulu jawaban dari permasalahan yang mungkin anda alami


Pertanyaan : Apakah belanja di gardener.id aman dan terpercaya?
Jawaban : Insya Allah aman dan terpercaya, kami memiliki prinsip bahwa kepuasan pelanggan adalah prioritas, kami dilahirkan di daerah penghasil bunga terbesar di badnung, yaitu Cihideung. sehingga kami ingin memastikan barang yang anda beli adalah barang yang berkualitas.


Pertanyaan : Bagaimana Caranya belanja di Gardener.id?, saya belum paham dengan prosesnya
Jawaban : Anda bisa akses cara pembelian online disini


Pertanyaan : Saya orang bandung juga, saya tertarik dengan produk di gardener.id. bisakah saya mengunjungi kebunnya secara langsung?
Jawaban : Sangat bisa, karena kami menyediakan layanan belanja offline, caranya anda bisa cek disini


Pertanyaan : Tanaman yang dikirim ke luar daerah riskan mati atau rusak, bagaimana tanggung jawab gardener.id apabila itu terjadi?
Jawaban : Jangan Khawatir, kami memiliki team yang sangat handal dalam hal tanaman,termasuk ketika packing, bahkan kami memiliki standar packing yang dapat anda baca disini. kami memastikan tanaman di packing dengan rapih sehingga meminimalisir tanaman mati/rusak. Akan tetapi bila tanaman ternyata mati/rusak yang diakibatkan oleh kelalaian kami, tanaman akan kami ganti (garansi)


Pertanyaan : Pengiriman menggunakan pihak ekspedisi JNE, JNT, dan POS. apakah bisa menggunakan ekspedisi lain?
Jawaban : Selain dari JNE, JNT, dan POS. kami bisa mengirimkan barang menggunakan cargo yang ada di daerah kami, namun apabila menggunakan cargo. anda harus mengambil tanaman yang anda beli ke bandara terdekat di rumah anda. anda bisa membaca standar pengiriman disini


Pertanyaan : Berapa lama barang akan sampai di rumah saya?
Jawaban : tergantung dari kecepatan pengiriman ekspedisi yang dipilih, semua berbeda termasuk ketika anda memilih paket ekspedisinya.


Pertanyaan : Saya sudah membeli produk dan melakukan transfer namun barang belum diproses. bagaimana?
Jawaban : Kemungkinan anda belum melakukan konfirmasi pembayaran. Lakukan Konfirmasi pembayaran disini


Pertanyaan : Apakah gardener.id selain menjual tanaman menyediakan jasa penanamannya? harganya bagaimana?
Jawaban : Kami tidak hanya dapat melakukan penanaman, kami memiliki beberapa jasa yaitu : jasa desain taman, pembuatan taman, perawatan taman dan lain sebagainya. untuk harga itu relatif tergantung dari luas dan jenis tanaman yang ingin anda gunakan.

 


Permasalahan Lainnya

Sebelum anda membaca uraian dibawah kami menghimbau agar budaya membaca sampai selesai bisa dijalankan. Untuk itu alangkah baiknya bila anda membaca seluruh isi materi yang dituliskan disini. Ini demi menghindari kesalah fahaman

kebanyakan pedagang bibit online akan mengirimkan produknya dengan cara melibatkan pihak ke 3. yaitu jasa kurir ataupun yang bersangkutan didalamnya. Seperti: Kargo ataupun jasa kilat yang mana ke.2 jasa tersebut memiliki cara kerja yang sedikit berbeda

Bila pengiriman menggunakan jasa kilat. Seperti JNE, J&T, POS ataupun TIKI. produk yang akan dikirimkan bisa langsung diterima dirumah. Sedangkan metode pengiriman dengan memakain jasa kargo Barang atau produk yang dipesan hanya akan dikirimkan sampai ke bandara terdekat rumah saja. dengan kemasan yang sama. Yaitu: dus yang dibentuk seperti parcel

Tapi kelebihan yang dimiliki oleh jasa kargo terletak pada harga ongkos kirim. Yang mana harga ongkir jasa kargo terhitung lebih murah dengan perbandingan 50%, dengan tenggang waktu pengiriman 50% lebih cepat juga, namun kelemahannya terletak dari jumlah pengiriman yang mana pada satu kali pengiriman total berat barang yang akan dikirimkan harus mencapai batas minimal. batasan minimal satu kali pengiriman dengan memakai jasa kargo adalah 15 kg, sedangkan bila memakai jasa kilat bobot berat berapapun bisa dikirimkan termasuk dengan jumlah kilo gram 1kg

LAMA PENGIRIMAN

Untuk lamanya pengiriman antara jasa kargo dan jasa kilat pun berbeda. Bila jasa kargo hanya membutuhkan waktu maksimal antara 1 s/d 3 hari plus transit, berbeda dengan jasa kilat yang membutuhkan waktu lebih lama antara  1 s/d 6 hari. Namun semuanya tergantung dari jarak yang akan ditempuh oleh ke 2 jasa tersebut dari tempat pengirim. Intinya semakin dekat jarak yang akan ditempuh dari pengirim maka semakin cepat juga paket akan diterima

tidak menutup kemungkinan bila menggunakan jasa kilatpun waktu yang dibutuhkan tidaklah lama yang bisa saja 1 hari bisa sampai. Ini kembali lagi dari jarak tempuh yang akan dilalui oleh jasa pengiriman kilat dari pengirim ke lokasi penerima

BIAYA PENGIRIMAN

jasa pengiriman sebenarnya memiliki beberapa kategori untuk 1 kali pengiriman namun untuk mempersingkat waktu dan tulisan maka kami hanya akan menjelaskan mengenai 2 kategori pengiriman JNE saja Yaitu, reguler dan kilat

  1. kategori reguler adalah kategori terendah yang ditawarkan oleh pihak JNE untuk 1 kali pengiriman paket, bahkan kategori tersebut banyak digunakan oleh para pedagang online, keunggulannya terletak pada harga yang relatif murah
  2. kategori kilat menjadi alternatif bagi konsumen yang menginginkan pengiriman lebih cepat. keunggulannya sudah pasti terletak pada waktu penerimaan. Tapi kelemahannya terdapat pada harga ongkos kirim yang relatif lebih mahal ketimbang kategori reguler

PENGECEKAN PRODUK

Bila telah terjadi kesepakatan pembelian maka penjual akan mengirimkan produk telah dipesan. Jika telah terjadi proses demikian maka anda akan diberikan sebuah kode atau istilah umumnya dikenal dengan no resi. Nomber resi tersbeut merupakan tanda bukti bahwa pesanan telah dikirimkan. Untuk pengecekan benar atau tidaknya produk tersebut telah dikirim maka anda bisa melakukan pengecekan pada website resminya

Contoh:

Bila penjual mengirim produk dengan menggunakan jasa jne maka anda hanya perlu mengunjungi website resminya. biasanya website resmi jne adalah www.jne.co.id. Nanti disana anda bisa menuliskan nomber resi tersebut pada tabel yang telah disediakan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara pengiriman. lalu bagaimana dengan bibit yang dikirimkan apakah akan bermasalah ? untuk itu kami akan menjelaskan apa saja permasalaha konsumen bila membeli bibit secara online.

PERMASALAHAN UMUM KONUMEN

Perlu diketahui produk yang dibeli adalah mahluk hidup yang bisa saja bermasalah, maksud bermasalah disini adalah kendala yang dihadapi yang selama ini menjadi masalah umum. Permasalahaan yang sering dihadapi oleh konsumen ketika ingin membeli bibit secara online adalah stres tanaman, yang seringkali bibit yang diterima mengalami daun rontok atau semacamnya. meskipun admin sebagai penjual bibit secara online, Tapi admin juga perlu menjelaskan kenapa bibit tanaman yang di beli secara online bisa mengalami stres. Berikut uraiannya

TEKANAN TUGENSI

Stres bibit yang dibeli secara online bisa diakibatkan karena tekanan tugensi yang mana tugensi terjadi karena bibit  yang akan dikirimkan harus melalui proses perjalanan yang panjang dengan pengurangan media tanam. Tugensi juga bisa di sebut dengan tingkat penguapan yang tinggi hingga berdampak pada rontok daun dan bunga

STRESS PERJALANAN

stres yang diakibatkan oleh jarak tempuh bukan hanya berdampak kepada bibit tanaman saja, akan tetapi stres tersebut bisa terjadi juga kepada manusia. dari itu jangan khawatir bila tanaman mengalami rontok daun dan bunga karena sifat tersebut hanya sementara

PENGURANGAN MEDIA TANAM

masalah tersebut menjadi alasan yang sering dihadapi oleh beberapa penjual bibit secara online, ini karena ada beberapa pertimbangan yang rasional

  1. pengurangan media tanam untuk menghindari ongkos yang membengkak yang dibebankan kepada konsumen
  2. pengurangan media tanam untuk menghindari volume ukuran yang mengakibatkan bibit tanaman terhitung lebih mahal
  3. pengurangan media tanam berguna untuk penyesuaian iklim

dari beberapa alasan tersebutlah mengapa penjual bibit tanaman online mengurangi media tanam. Itulah 3 alasan mengapa bibit tanaman bisa mengalami rontok daun ataupun bunga.

SEMUANYA AMAN

Perlu diingat juga bahwa tidak semua jenis bibit bisa mengalami hal demikian sebab itu hanya angka statistik yang tidak menjamin seluruhnya benar. kebenaran pastinya terletak pada pengadaptasian lingkungan

meskipun bibit mengalami rontok daun dan bunga yang diakibatkan oleh pengurangan media ataupun tekanan tugensi, bukan berarti bibit tersebut mati, sebab hal tersebut merupakan stres sementara yang nantinya bibit akan mengeluarkan daun dan bunga yang lebih bagus.

definisinya: daun ataupun bunga yang rontok akan tumbuh secara alami disuhu dan iklim tempat dimana tanaman tersebut hidup sebagai penyesuaian iklim dan lingkungan secara alami

jadi anda tidak usah khawatir jika bibit yang dikirim mengalami kerontokan dan dan bunga, karena nantinya bibit tanaman akan mengeluarkan daun dan bunga yang lebih bagus karena telah terjadi pengadaptasian iklim

Jangan takut membeli bibit secara online.

By. Gardener.id